PENUTUPAN MAGANG IAIN TULUNGAGUNG DI MI RIYADLOTUL UQUL DOROAMPEL


MI Riyadlotul Uqul Doroampel Sumbergempol Tulungagung – Selasa tanggal 10 Nopember 2020 MI Riyadlotul Uqul Doroampel mengadakan acara penutupan magang 2 mahasiswa IAIN Tulungagung. Sebelumnya sudah 3 bulan mahasiswa IAIN Tulungagung melaksanakan magang I dilanjtukan Magang 2 di MI Riyadlotul Uqul Doroampel September-Nopember 2020. 

Mahasiswa yang melaksanakan magang ini merupakan mahasiswa Fakultas Tarbiyah dan Ilmu Keguruan serta Fakultas Manajemen Pendidikan Islam. Kegiatan magang ini merupakan program Fakultas sebagai pengganti PPL yang dilaksanakan pada beberapa tahun lalu yang saat ini berganti magang. Ada beberapa perbedaan kegiatan magang ini dengan PPL (Praktek Pengenalan Lapangan). Secara khusus kalau PPL dilaksanakan dalam satu rangkaian waktu, akan tetapi kalau magang dilaksanakan dua waktu yakni magang I dan magang II. Magang I mahasiswa dengan didampingi para guru pamong membuat perangkat pembelajaran secukupnya serta adaptasi lingkungan. Sementara magang II ada 3 kegiatan yang dilakukan yaitu : (a). Revisi RPP disesuaikan dengan kondisi pandemi dam lembaga mitra mading-masing. (b). Praktek Pembelajaran di Lembaga Mitra sesuai dengan kondisi pandemi dan lembaga mitra masing-masing. (c). Praktek Pengelolaan Pendidikan (khusus MPI) sesuai kondisi pandemi dan lembaga mitra masing-masing.

Magang itu sendiri merupakan sebuah wadah bagi para mahasiswa untuk merasakan langsung seperti apa dunia kerja sesuai bidang jurusan. Tujuannya tentu saja untuk mempersiapkan mereka dalam menghadapi dunia kerja setelah lulus kuliah nanti. Tidak heran, magang menjadi salah satu syarat kelulusan di beberapa universitas. Demikian pula di IAIN Tulungagung magang merupakan syarat wajib yang memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk mengenal praktek pembelajaran secara langsung di sebuah lembaga pendidikan.
Terlepas menjadi satu syarat kelulusan mahasiswa, magang itu sendiri memberikan manfaat besar bagi mereka. Hal ini yang terkadang terabaikan, dimana mereka rasanya ingin cepat-cepat selesai magang. Padahal dengan lebih dulu merasakan program magang, saat terjun ke dunia pendidikan, mereka tidak lagi kaget akan kondisi dan tekanan dalam situasi pendidikan nantinya.

Lantas, apa saja sih manfaat magang bagi mahasiswa itu? Berikut ini setidaknya terdapat 2 keuntungan besar dalam program magang yang akan dirasakan oleh mahasiswa, yaitu :

1. Meningkatkan Wawasan
Meningkatkan wawasan menjadi manfaat magang bagi mahasiswa yang pertama. Belajar di dalam ruangan kelas tanpa mengaplikasikan ilmu tersebut secara langsung tentu saja dapat dikatakan sia-sia alias percuma. Dengan mengikuti program magang, maka wawasan mahasiswa yang diperoleh di bangku kuliah akan sangat berguna. Tidak hanya berguna, tetapi juga meningkatkan wawasan yang dimiliki. Bagaimana tidak, mahasiswa akan mengalami berbagai hal yang sebelumnya belum pernah ditemui. Sehingga, mahasiswa dituntut untuk cermat dalam mengatasi suatu kondisi tertentu.

2. Memperluas Jaringan
Manfaat kedua dalam program magang yang akan dirasakan oleh mahasiswa adalah memperluas jaringan. Ini menjadi hal yang pasti mengingat mahasiswa akan menemui orang-orang baru sekaligus juga lingkungannya.
Jalin hubungan pertemanan bersama rekan kerja dengan baik. Dengan begitu, secara tidak langsung akan mendapatkan ilmu-ilmu baru. Karena dengan memiliki hubungan yang baik, saling cerita dan berbagi pengalaman dapat mengalir begitu saja.

Jumlah mahasiswa yang mengikuti magang tahun ini 9. Sebagai wujud pembelajaran pada ppl setiap mahasiswa dalam mengajar didampingi oleh guru pamong masing-masing mata pelajarannya. Namun karena tahun 2020 ini bersamaan dengan pandemic covid 19 maka pembelajaran dilakukan secara daring.

Acara penutupan magang 2 dimulai pukul 09.00 wib. Acara dimulai dengan pembukaan oleh mahasiswa IAIN Tulungagung, acara kedua mnyanyikan lagu Indonesia Raya dilanjutkan sambutan dari dosen pendamping magang dan sambutan Kepala MI Riyadlotul Doroampel. Pada sambutannya Bpk. David selaku dosen pembimbing menyampaikan banyak terimakasih kepada pihak MI Riyadlotul Doroampel yang telah mengizinkan madrasahnya untuk dijadikan tempat magang mahasiswa IAIN Tulungagung. Selain itu beliau menyampaikan permohonan maaf jika ada kesalahan yang diperbuat baik yang disengaja maupun tidak disengaja oleh mahasiswanya. Berpesan kepada para mahasiswa supaya mengamalkan ilmu yang didapat selama magang. Sebagai penutup sambutannya Beliau mengatakan, “Saya sebagai perwakilan IAIN Tulungagung berharap bisa selalu bekerja sama dengan MI Riyadlotul Doroampel dengan tujuan meningkatkan pendidikan yang lebih baik dan maju.”

Berikutnya dilanjutkan sambutan dari Bapak Harun Arrosyid, M.Pd.I selaku Kepala MI Riyadlotul Doroampel. Dalam sambutanya menyampaikan selamat kepada seluruh mahasiswa IAIN yang mampu mengikuti magang 2 selama 2 bulan ini dengan baik meskipun harus menghadapi situasi yang rumit yakni harus dengan daring. Beliau juga menyambut dengan baik atas kerja sama dengan pihak IAIN Tulungagung bisa selalu ditingkatkan tidak hanya pada program magang, tetapi juga program-program lainnya yang dengan tujuan memajukan pendidikan yang lebih baik. Selaku tuan rumah sangat merasa kurang dalam melayani para mahasiswa karena memang situasi yang kurang memungkinkan. Sekali lagi mohon maaf yang sebesar-besarnya. 

Sebagai seasion terakhir adalah penyampaian cindra mata dari mahasiswa kepada MI yang disampaiakan oleh dosen Pembimbing Bpk. David kepada kepala MI Riyadlotul Uqul Doroampel. Tidak ketingggalan sebagai tanda kekeluargaan antara mahasiswa dan MI dilakukan foto-foto. S'moga sukses untuk mahasiswa.

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nabi MUHAMMAD Rahmat Bagi Seluruh Alam

Coretan Pagi Melirik Budaya Foto & Selfie

Kisah Kesabaran Siti Hajar dan Kemunculan Air Zam-zam