Duduk nyantai Di Gazebo


Petang hari jam 18.30 saya otw ke Man2 Tulungagung acara ngantar ibunya anak-anak menyelesaikan pekerjaan siang yang belum selesai. Sebentar katanya, e..trnyata 30 menit berlalu belum keluar juga. Sambil duduk nyantai di gazebo depan kantor, akhirnya dari pada wa nn, ah nulis ajalah. Pokok nulis, ndah butuh dibaca.

Gazebo ini sebenarnya sederhana tapi kok cukup nyaman juga untuk sekedar tempat istirahat, sambil menunggu hal-hal yang bisa ditunggu. Berukuran 2 x 2, tingginya sekitar 3 m lunas sampai lancipnya atap. Bahan yang dipakai 90% terbuat dari bambu. Bagian atap terbuat dari bambu yang dirakit (di-nam bahasa jawanya), cukup rijik dan rapi seakan mengingatkan bangunan tempo dulu yang mayoritas orang jawa kalo bangun dindingnya terbuat dari bambu atau gedhek (bahas jawa). Tidak cukup disitu, diatas atap bambu ini dibungkus dengan ijuk hitam yang mampu menambah nilai seni jawa. 
Gazebo ini disangga dengan 4 tiang yang terbuat dari bambu juga yang diameternya kurang lebih 15cm. Untuk memperkuatnya diikat dengan tambang hitam yang mengaitkan antara tiang penyangga dengan bambu yang mendatar. Bagian tempat duduk juga terbuat dari bambu yang kaitkan satu sama lain dengan seutas njalin. Adapun dari semuanya diplitur dengan warna coklat.

Sebagai pelengkap gazebo ini ada meja kecil, mungkin saja bisa dipakai untuk nulis ataupun tempat lap top bagi anak-anak, atau ditambah cofee hitam sebagai ciri khas yang identik dengan warung kopi.

Gazebo adalah salah satu fasilitas dengan ruang-ruang terbuka sebagai alternatif tempat berkumpul dan melakukan kegiatan santai bersama anggota keluarga lainnya, banyak juga yang menyebut saung karena digunakan untuk tempat santai. Kuncinya adalah suasana alami, keakraban, kenyamanan dan keindahan.

Dengan kalimat lain Gazebo adalah bangunan yang biasanya diletakkan pada daerah-daerah terbuka yang memiliki pemandangan yang unik, indah, menyejukkan. Biasanya fungsi gazebo adalah sebagai tempat yang digunakan untuk bersantai dan menghabiskan waktu, sambil bercengkrama bersama dengan menikmati keindahan pemandangan sekitarnya.

Tempat yang menarik untuk dibangun gazebo, misalnya di tepi kolam ikan, di tengah taman bunga, atau bisa juga di taman belakang rumah, atau di tempat-tempat sejenis dengan itu.
Apapun pengertiannya yang penting bangunan semacam ini akan bernilai positif jika dimanfaatkan untuk hal-hal positif. Contohnya untuk berkumpul membahas kegiatan positif, atau untuk menyendiri mencari inspirasi. 

Comments

Post a Comment

Popular posts from this blog

Nabi MUHAMMAD Rahmat Bagi Seluruh Alam

Coretan Pagi Melirik Budaya Foto & Selfie

Kisah Kesabaran Siti Hajar dan Kemunculan Air Zam-zam