Coretan Pagi Melirik Budaya Foto & Selfie

 Pagi ini setelah membaca Al Qur’an walau Cuma dua ruku’ sudah merasa nyaman, dengan senantiasa berdoa semoga bisa istiqomah sebagai awal menatap sang mentari yang terbit memenuhi kebutuhan manusia dan seluruh alam nanti. Alhamdulillah masih bisa bangun dan bertemu dengan matahari walaupun saat awal menulis ini matahari belum terbit, tapi husnudzon Allah masih memberikan umur panjang.

Seperti biasa setelah sedikit kegiatan di atas, tangan ini rasanya sudah ndak tahan bila tidak buka lempengan kecil hitam bernama hp. Bukan mau apa-apa, tapi yang penting membuka. Diawali membuka menu whatshap, sudah ratusan wa masuk melalui grup-grup yang ku punya. Coba kubuka grup PW Pergunu Jawa Timur, “wah, banyak sekali foto kegiatan yang dilakukan pergunu-pergunu cabang lain. Diantaranya sebagai contoh saja sebagai berikut :

 

 

 

 

Dengan bertuliskan begini kami ber Nu, entah apa kegiatannya tidak lepas dari berfoto. Ada lagi,

 

 

 

Nampaknya kegiatan orientasi mahasiswa baru di IAI Al Khoziny Buduran Sidoarjo.

 

 

 

Orientasi penguatan Pergunu Bangil dengan tema Menuju Kemandirian dan Profesionalisme organisasi.

 

 

 

Photo uacapan Hari Pahlawan

 

 

Ditemukan lagi foto proposal Hari Guru Nasional PC Pergunu Nganjuk.

 

 

Tidak kalah menarik lagi dari Sidoarjo menggelar acara Pelatihan E-Learning, pengembangan video dan Animasi Pembelajaran.

 

 

 

Tidak mau ketinggalan pamlet dari PC Pergunu Tulungagung yang diunggah oleh sang ketua Bpk. Drs. Muslim, M.Pd.I, yang akrab dipanggil “mbah Lim.

 

 

Ada lagi Diklat Peningkatan Kopetensi dan Pengembangan E-Learning guru NU dan AGPAI kabupaten Nganjuk.

 

Selanjutnya saya buka grup PC LP Ma’arif Tulungagung

 

 

 

 

 

Demikianlah beberapa contoh foto dan selfi yang lagi membudaya di era kini, tentu kita ambil positifnya saja yang cukup banyak. Saya ambil dua saja yaitu:

1.   Kita mengetahui foto-foto kegiatan dari lembaga, instansi, atau banom-banom NU.

2.   Muncul inspirasi untuk menggelar kegiatan yang hampir sama.

 

Akhir-akhir ini selfie menjadi sebuah trend sosial, dimana milyaran penduduk bumi setiap harinya melakukan selfie, nah menarik menelisik budaya baru menjadi trend di dalam komunitas sosial di dunia. Selfie sebenarnya adalah jenis foto atau potret diri sendiri yang diambil sendiri dengan menggunakan camera, sementara itu kata selfie berasal dari bahasa Inggris yang asal katanya adalah self (pribadi/sendiri).

Menarik mencermati trend sosial baru ini, booming nya selfie seiring dengan berkembang pesatnya teknologi informasi teknologi dan teknologi elektronik, model telpon seluler yang sudah sangat canggih dengan menggunakan kamera yang ber-resolusi canggih yang mampu menyaingi keberadaan camera digital telah menjadikan Hp sebagai sebuah kebutuhan khusus umat Manusi moderen.

Keberadaan Hp canggih seakan menemukan tempat ditengah-tengah berkembangnya teknologi informasi, dimana dunia Maya yang bisa diakses dengan menggunakan media HP seakan menjadi media untuk menunjukkan eksistensi diri.

Semua tergantung pribadi masing-masing untuk mempergunakan media elektronik yang cukup modern ini.

Comments

Popular posts from this blog

Nabi MUHAMMAD Rahmat Bagi Seluruh Alam

Kisah Kesabaran Siti Hajar dan Kemunculan Air Zam-zam